Jumat, 04 September 2009

PUPUK

Apakah pupuk itu ? Secara sederhana pupuk adalah bahan-bahan tertentu yang diberikan pada tanah agar dapat menambah unsure atau zat-zat makanan yang diperlukan oleh tanah, baik secara langsung atau tidak langsung. Pengertian yang lain adalah zat yang berisi satu unsure atau lebih yang dimasukan untuk menggantikan unsure yang hilang / habis terhisap oleh tanaman dari tanah. Dengan demikian pemupukan pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau memperbaiki kesuburan tanah, dimana secara langsung atau tdak akan menyumbangkan bahan makananan pada tanaman yang tumbuh ditanah tersebut.
Macam, pupuk :
pupuk anorganik ialah hasil industri / pabrik , con TSP, UREA, KCL, ZA
pupuk organic ialah hasil akhir / antara dari perubahan atau peruraian bagian / sisa tumbuh-tumbuhanm dan binatang .
pemupukan dengan pupuk kandang, kompos atau pupuk hijau mengakibatkan tanah-tanah yang ringan strukturnya menjadi lebih baik, daya ikat air menjadi lebih tinggi, sedangkan tanah-tanah yang berat menjdi lebih ringan. Disini tidak akan membahas pupuk secara keseluruhan tetapi terbatas pada salah satu pupuk organic yaitu kompos.
Kompos
Kompos sebenarnya sudah kita kenal sejak dulu. Leluhur kita telah lama mempelajari nilai penggunaan kompos. Mereka menerima yang melimpah setelah hutan primer dibuka. Tempat yang dibuka tersebut bagian atasnya mengandung tanah yang sangat subur, yang terjadi dari daun-daunan, rumput yang hancur dan tercampur dengan kotoran burung/ binatang yang terkumpul berabad-abad. Namun ketika mereka berdiam ditempat tersebut dan mengolah tanah terus menerus mereka perhatika kesuburan tanah berkurang. Maka mereka mulai meniru hutan alam, memulihkan tanah tersebut dengan daun-daun, rumpur, senmak-semak dan kotopran hewan yang dikumpulkan. Dengan demikian kesuburan tanah dapat lestari.
Kompos adalah bahan organis yang telah lapuk seperti rumput, daun, alang-alangjerai, dedak padi serta kotoran hewan. Jenis bahan-bahan ini akan menjadi lapuk dan busuk ketika ada didalam keadaan basah dan lembab. Dialam terbuka kompos bias terjadi dengan sendirinya, melalui prose alami karena ada kerjasama antara mikro arganis dengan cuaca. Proses rersebut dapat dipercepat oleh manusia sehingga dapat menghasilkan kompos yang berkualitas baik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bahan organis yang telah terkompos dengan baik, nukan hanya memperkaya bahan makanan untuk tanaman tetapi terutama berperan besar terhadap perbaikan sifat fisik tanah.
Fungsi bahan organic :
bahan organic memperbesar daya ikat tanah yang bberpasir sehingga struktur tanah dapat diperbaiaki dan tidak terlalu berderai.
bahan organic dapat memperbaiki struktur tanah yang berlempung sehingga tanah menjadi ringan.
bahan organic dalam tanah akan mempertinggi kemampuan penampungan air, sehingga tanah dapat lebih banyak menyediakan air bagi tanaman.
bahan organi dalam tanah memperbaiki tata udara dalam tanah, terutama pada tanah berat. Dengan tata udara yang baik serta kandungan air yang cukup tinggi maka suhu tanah akan lebih stabil.
bahan organic dapat meningkatkan pengruuh pemupukan dari pupk buatan.
bahan organic mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat-zat hara, sehingga tidak mudah larut oleh air pengairan atau hujan.
Kompos yang telah matang dapat dipakai sebagai bahn untuk memperkaya bahan organic tanah disamping pupuk organis lainya. Kita dapat memanfaatkan sisa tanaman yang terbuang dan sampah sebagai pupuk setelah jadi kompos.
bahan kompos
limbah atau sisa-sisa tanaman.
pupuk kandang.
pupuk buatan ; urea, tsp, kcl
kapur gamping (dapat diganti abu kayu/dapur)
air
tanah
cetakan (dari bamboo, kayu atau besi)
tutup kompos (agar tidak terkena hujan dan terik matahari)
cara membuat kompos
lapiasan paling bawah:
simpan limbah yang telah kita sediakan, lalu tebarkan pupuk buatan biar merata dan yang biasa kita lakukan masing-masing 1 gelas pupuk buatan per 1 m2 permukaan kompos. Setelah itu taburkan kapur/ abu dapur biasanya 1 – 2 gelas per m2 permukaan kompos, lalu siram air (semprotkan) secara rata samapai basah dan jangan terlalu basah, lalu tutup dengan tanah, taburkan pukan kira2 perlapis sebanyak 1 karung urea dengan tebal 30 cm terdiri dari 25 cm lapiasan limbah pertanian, pupuk buatan, kapur dan karung kira2 5 cm lapisan pukan. Periksalah 1 minggu sekali kuatir komposnya kering dan 1 bulan sekali kita balik. Setelah dapat 3 bulan biasanya kompos sudah masak, cepat atau lambatnya pembuaran kompos tergantung pada banyaknya bahan-bahan yang kita buat dan seringnya kita menambahkan bahan kompos, lebih sering lebih cepat masak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar